Nah kali ini adalah materi terakhir Bahasa
Indonesia SD, Bab kali ini membahasa tentang Meningkatkan Kemampuan Membaca.
Selamat mambaca. . .
Meningkatkan
Kemampuan Membaca
A.
Hakikat meningkatkan kemampuan
membaca
Semua orang tak pernah lepas dari kegiatan membaca
sebagai seorang pelajar / mahasiswa. Pekerjaan maupun tugas anda sehari-hari adalah
bergelut dengan buku-buku artinya tidak lepas dari kegiatan membaca dan membaca
terus.Sebagai seorang pemburu ilmu, buku
sumber ilmu yang paling utama.
Sebagi seorang yang setiap hari membaca, sadarkah kita
tentang kemampuan dalam proses membaca.Ada
beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar kita menjadi pembaca yang baik. Bila anda seorang pembaca
yang baik, maka anda membaca dengan kecepatan tinggi dan memahami apa yang anda
baca dengan baik pula artinya anda memiliki kebiasaan atau kemampuan membaca.
- Membaca dengan tujuan yang jelas.
Pada kesempatan membaca buku anda
telah merumuskan tujuan membaca dengan jelas.
Misal : memahami
isi buku, memahami kerangka gagasan utama, memperoleh informasi dsb.
2. Hanya membaca
pada satuan-satuan pikiran.
Pembaca yang baik hanya melihat satuan
pikiran demi satuan pikiran yang ada dalam kalimat paragraf : kemudian
menghubungkan setiap pikiran menjadi gagasan yang utuh.
3. Kecepatan
membaca bervariasi.
Penerapan kecepatan membaca
berubah-ubah tergantung pada tujuan dan bahan bacaan.
4. Bersikap
kritis.
Tidak begitu saja percaya pada apa yang dibacanya.
5. Jenis bacaan
yang dibaca setiap hari bervariasi.
Membaca apa saja sesuai
dengan bidangnya.
6. Kaya dengan
kosa kata.
Kosa kata merupakan modal utama
membaca dan membaca berikutnya.
7. Membaca
sebagai kebutuhan.
Setiap hari harus selalu terbiasa membaca
sehingga setiap ada kesempatan gunakan untuk membaca.
8. Efisien dalam
membaca.
Mampu memilih aspek tertentu saja
dari bacaan sesuai dengan tujuan membaca.
9. Membaca
dengan kecepatan tinggi.
Berkisar antara 325-450 kata
permenit / lebih.
10. Ketika
membaca secara fisik diam.
Tidak bersuara / bergumam.
B.
Ciri-ciri
pembaca yang baik
- Tujuan membacanya jelas.
- Yang dibaca adalah satuan pikiran kalimat.
- Kecepatan membaca yang diterapkan bervariasi.
- Kritis
- Bacaan yang dibaca bervariasi.
- Kaya kosa kata.
- Tahu cara membaca yang baik.
C.
Hal
yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan membaca
- Menyadari adanya berbagai variasi tujuan membaca yang berbeda dari kegiatan membaca yang satu dengan kegiatan membaca yang lain.
- Selalu merumusakan secara jelas setiap kegiatan membaca, minimal tahu apa yang akan diperoleh dari bacaan.
- Perlunya mengembangkan berbagai strategi membaca selaras dengan tujuan membaca.
- Perlunya latihan membaca dengan berbagai variasi tujuan membaca.
- Menyadari bahwa seseorang yang mempunyai daya baca tinggi akan mampu memanfaatkan teknik membaca yang bervariasi, sejalan dengan tujuan membaca yang ingin dicapainya.
D. Meningkatkan kecepatan membaca
- Biasakan membaca pada kelompok-kelompok kata.
Hindari membaca kata demi kata. Ubahlah
cara membaca dengan melihat satuan kalimat yang lebih tinggi dari kata.
Misal : lihat fraze demi
fraze Dengan demikian kita memperkecil jumlah aspek bacaan yang perlu dilihat.
- Jangan mengulanng-ulang kalimat yang telah dibaca.
Kebiasaan ini yang sering menghambat
kecepatan membaca, akibatnya tidak dapat memahami kata, fraze atau kalimat yang
baru dibaca.Kebiasaan mengulang akan memboroskan waktu.
- Jangan selalu berhenti lama di awal baris / kalimat.
Hal ini akan memutuskan hubungan makna
antar kalimat / antar paragraf. Berhentilah agak lama di akhir bab, atau sub bab atau
bila ada judul baru.
- Cari kata kunci yang menjadi awal dan adanya gagasan utama sebuah kalimat.
- Abaikan saja kata-kata tugas yang sifatnya berulang-ulang. Misal : yang, di, dari, pada, dsb.
Jika
dalam penulisan bacaan itu dalam bentuk kolom kecil (di surat kabar), arah
gerak mata bukan ke samping secara horisontal, tetapi ke bawah (vertikal).
Arahkan pandangan bola mata itu ke bawah terus.
E. Hal yang menghambat kecepatan membaca
- Menyuarakan apa yang dibaca.
- Membaca kata demi kata
- Membantu melihat / menelusuri baris-baris bacaan dengan alat-alat tertentu (ujung pensil / ujung jari).
- Menggerak-gerakkan kaki / anggota tubuh yang lain.
- Konsentrasi berpikir terpecah dengan hal-hal lain di luar bacaan.
- Bergumam-gumam / bersenandung.
- Kebiasaan berhenti lama di awal kalimat, paragraf, sub-sub bab, bahkan di tengah-tengah kalimat.
- Kebiasaan mengulang-ulang unit-unti bacaan yang telah dibaca.
F. Saran dalam meningkatkan kecepatan membaca
- Memahami hakekat membaca.
- Mengetahui cara mengukur kecepatan membaca.
- Mampu mengukur tingkat pemahaman terhadap bacaan.
- Mengetahui dan menerapkan metode dan teknik pengembangan kecepatan membaca.
- Mengetahui fakta-fakta yang secara tak sadar menghambat kecepatan membaca, baik faktor internal maupun faktor eksternal.
- Mengetahui bermacam-macam variasi kecepatan membaca sesuai dengan variasi tujuan membaca.
- Mampu memilih aspek tertentu saja yang dibutuhkan dalam bacaan sesuai dengan tujuan membaca.
- Menganggap kegiatan membaca sebagai kebutuhan.
- Selalu membaca pada berbagai jenis bacaan, dengan rasa butuh yang sangat tinggi (desakan untuk membaca).
===========================================
= Materi By : =
= Drs.
Harry Poerwanto, S.Pd., M.Pd =
================================
= Editing By : =
= Sulung Bayu Prasetyo
(Bay RyūTarō) =
= Teguh Bayu Mantra =
==========================
bisa mintah nomornya Pak harry Poerwanto?.
BalasHapus