Melanjutkan postingan materi sebelumnya, kali
ini materi yang dibahas adalah Bahasa Indonesia SD Bab Keterampilan Membaca SD.
Selamat Membaca. . .
Keterampilan
Membaca
Adalah suatu proses yang dipergunakan oleh pembaca
untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui media kata /
bahasa tulis. Membaca merupakan suatu kemampuan untuk melihat serta
mengubah lambang-lambang tertulis melalui fonik/ucapan menuju membaca lisan.
A. Tujuan Membaca
Tujuan utamanya memperoleh informasi yang mencakup
isi, serta memahami makna bacaan. Tujuan lain dari membaca
adalah :
a.
Untuk
memperoleh fakta-fakta (reading for details or facts).
b.
Untuk
memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas).
c. Untuk menyimpulkan, membaca inferensi (reading for inference).
d.
Untuk
mengelompokkan, mengklasifikasikan (reading to classify).
e. Untuk menilai / mengevaluasi (reading to evaluate).
f. Untuk memperbandingkan / mempertentangkan (reading to
compare or contrast).
B.
Aspek Membaca
1. Keterampilan yang bersifat mekanis, berada pada urutan
rendah mencakup :
a. Pengenalan bentuk huruf.
b. Pengenalan unsur linguistik (fonem,
kata, frase, klause, kalimat, wacana).
c. Pengenalan hubungan pola
ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan bacaan).
d. Kecepatan membaca bertaraf lambat.
2. Keterampilan yang bersifat pemahaman,
berada pada urutan lebih tinggi mencakup :
a. Memahami pengertian sederhana.
b. Memahami makna, maksud dan tujuan
pengarang.
c. Evaluasi / penialaian.
d. Kecepatan membaca yang fleksibel,
yang mudah disesuaikan dengan keadaan.
C.
Kegiatan
Membaca
a. Membaca dalam hati
Adalah membaca
yang dilakukan tanpa menyuarakan apa yang dibaca. Diberikan sejak
kelas II semester 2. Hambatan-hambatan dalam membaca dalam hati adalah :
1. Membaca dengan vokalisasi baik dengan suara terdengar,
berbisik atau hanya komat-kamit mulut saja.
2. Membaca dengan gerakan kepala yang mengikuti baris
demi baris bacaan.
3. Membaca kata demi kata.
4. Bahan bacaan yang banyak mengandung kata-kata sulit.
b. Membaca cepat
Adalah membaca
yang mengutamakan kecepatan mata dalam membaca. Pembaca dituntut untuk memiliki kecepatan membaca yang
memadai agar tidak ketinggalan informasi. Untuk mengukur
kecepatan membaca dapat dilakukan dengan 2 cara :
a. Membatasi / menentukan waktu / tempo membaca.
b. Membatasi / menentukan jumlah bahan bacaan.
c. Membaca bahasa
Adalah membaca
yang mengutamakan keterampilan anak dalam hal mengutarakan kaidah bahasa serta
makna suatu kalimat sesuai dengan konteksnya.
Sasaran
utama dalam membaca bahasa adalah ketepatan penggunaan bahasa. Oleh karena itu pertanyaan bacaan
dapat mengarah pada :
1. Makna suatu kata dalam konteks kalimat tertentu.
2. Ketepatan pemakaian suatu kata dalam konteks tertentu.
3. Penggunaan suatu kata dalam konteks yang berbeda-beda.
4. Ketepatan penggunaan awalan, akhiran dan sisipan.
5. Ketepatan penggunaan tanda baca.
6. Ketepatan susunan kata/kalimat.
7. Ketepatan struktur kalimat.
===========================================
= Materi By : =
= Drs. Harry Poerwanto,
S.Pd., M.Pd =
================================
= Editing
By : =
= Sulung
Bayu Prasetyo (Bay RyūTarō) =
= Teguh
Bayu Mantra
=
==========================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar