Halaman

Kamis, 24 Januari 2013

Keterampilan Membaca SD



Melanjutkan postingan materi sebelumnya, kali ini materi yang dibahas adalah Bahasa Indonesia SD Bab Keterampilan Membaca SD.
Selamat Membaca. . .

Keterampilan Membaca

          Adalah suatu proses yang dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui media kata / bahasa tulis. Membaca merupakan suatu kemampuan untuk melihat serta mengubah lambang-lambang tertulis melalui fonik/ucapan menuju membaca lisan.

A.   Tujuan Membaca
          Tujuan utamanya memperoleh informasi yang mencakup isi, serta memahami makna bacaan. Tujuan lain dari membaca adalah :
a.    Untuk memperoleh fakta-fakta (reading for details or facts).
b.    Untuk memperoleh ide-ide utama (reading for main ideas).
            c.    Untuk menyimpulkan, membaca inferensi (reading  for inference).
            d.   Untuk mengelompokkan, mengklasifikasikan (reading to classify).
e.    Untuk menilai / mengevaluasi (reading to evaluate).
f.     Untuk memperbandingkan / mempertentangkan (reading to compare or contrast).

B.     Aspek Membaca
1.    Keterampilan yang bersifat mekanis, berada pada urutan rendah mencakup :
     a. Pengenalan bentuk huruf.
     b. Pengenalan unsur linguistik (fonem, kata, frase, klause, kalimat, wacana).
     c. Pengenalan hubungan pola ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan bacaan).
     d. Kecepatan membaca bertaraf lambat.
     2. Keterampilan yang bersifat pemahaman, berada pada urutan lebih tinggi mencakup :
          a. Memahami pengertian sederhana.
          b. Memahami makna, maksud dan tujuan pengarang.
          c. Evaluasi / penialaian.
          d. Kecepatan membaca yang fleksibel, yang mudah disesuaikan dengan keadaan.

C.     Kegiatan Membaca
a.    Membaca dalam hati
Adalah membaca yang dilakukan tanpa menyuarakan apa yang dibaca. Diberikan sejak kelas II semester 2. Hambatan-hambatan dalam membaca dalam hati adalah :
1.    Membaca dengan vokalisasi baik dengan suara terdengar, berbisik atau hanya komat-kamit mulut saja.
2.    Membaca dengan gerakan kepala yang mengikuti baris demi baris bacaan.
3.    Membaca kata demi kata.
4.    Bahan bacaan yang banyak mengandung kata-kata sulit.
b.      Membaca cepat
Adalah membaca yang mengutamakan kecepatan mata dalam membaca. Pembaca dituntut untuk memiliki kecepatan membaca yang memadai agar tidak ketinggalan informasi. Untuk mengukur kecepatan membaca dapat dilakukan dengan 2 cara :
a.    Membatasi / menentukan waktu / tempo membaca.
b.    Membatasi / menentukan jumlah bahan bacaan.
c.       Membaca bahasa
Adalah membaca yang mengutamakan keterampilan anak dalam hal mengutarakan kaidah bahasa serta makna suatu kalimat sesuai dengan konteksnya. Sasaran utama dalam membaca bahasa adalah ketepatan penggunaan bahasa. Oleh karena itu pertanyaan bacaan dapat mengarah pada :
1.    Makna suatu kata dalam konteks kalimat tertentu.
2.    Ketepatan pemakaian suatu kata dalam konteks tertentu.
3.    Penggunaan suatu kata dalam konteks yang berbeda-beda.
4.    Ketepatan penggunaan awalan, akhiran dan sisipan.
5.    Ketepatan penggunaan tanda baca.
6.    Ketepatan susunan kata/kalimat.
7.    Ketepatan struktur kalimat.




===========================================
= Materi By :                                                  =
=       Drs. Harry Poerwanto, S.Pd., M.Pd   =
================================
=   Editing By :                                                   =
=          Sulung Bayu Prasetyo (Bay RyūTarō)     =
=          Teguh Bayu Mantra                                =             
==========================    







Tidak ada komentar:

Posting Komentar